Temukan Ajaibnya Mola Mola di Nusa Penida - Bali



  Sudah tidak awam lagi, bahwa berlibur ke pulau dewata, sarat dengan element laut. Tersedia berbagai pilihan aktifitas yang dapat Anda lakukan untuk menikmati indahnya lautan yang mengitari pulau Bali. Mulai dari aneka olah raga air ektrim, atau sekedar menikmati pemandangan ombak yang menerpa pasir putih saat merahnya langit menunjukkan senja, hingga menyelami indahnya laut biru. Apabila menjelajahi kedalaman laut Bali merupakan slah satu kegemaran Anda, Anda akan terkejut melihat aneka ragam hayati bawah laut. Tak hanya koral indah beraneka warna, juga terdapat berbagai jenis makhluk laut yang menarik. Dari ikan-ikan kecil yang mengumpat di sela-sela karang, hingga ikan pari Manta yang seolah-olah terbang dibawah laut dengan menggerakkan kedua sayap besarnya. Jika beruntung, pada liburan kali ini Anda dapat menjadi salah satu saksi kenikan dari ikan Mola Mola!
Keunikan Mola Mola
Tidak seperti ikan lain pada umunya, Mola Mola tidak memiliki badan yang panjang seperti ikan lain pada umunya, melainkan bulat dan data bagaikan matahari, sesuai nama bahasa Inggrisnya Ocean Sun Fish. Tanpa ekor, ikan ini menggunakan dua sirip panjang yang terdapat di punggung maupun perutnya untuk bergerak. Cara berenangnya pun unik. Mereka akan berlenggak-lenggok sambil sesekali berenang terbalik pada sisi tubuhnya. Selain bentuknya yang cukup aneh, ikan ini juga berukuran besar. Mola Mola dewasa dapat mencapai diameter tiga sampai empat meter, dengan berat badan lebih dari satu ton. Walaupun besar, namun mereka jinak dan tidak berbahaya bagi manusia.
Lokasi Keberadaan Mola Mola
Ikan ini hidup bebas di berbagai penjuru dunia. Mola Mola cukup sulit untuk ditemukan karena mereka lebih memilih berenang sendirian, mencari kesejukan di perairan dalam. Namun, kadang kala mereka akan naik ke permukaan laut tropis untuk berjemur di bawah hangatnya sinar matahari. Hal ini dilakukan untuk membersihkan parasit dari badannya. Tidak banyak tempat didunia menjadi pilihan berjemurnya Mola Mola, tapi bersyukur lautan Indonesia adalah salah satu lokasi favoritnya. Mola Mola sering ditemukan di perairan sekitar Nusa Penida, Bali
Saat Tepat Berenang Bersama Mola Mola!
Bulan Agustus hingga Oktober adalah waktu terbaik untuk menyaksikan uniknya ikan Mola Mola, karena saat inilah mereka memilih untuk berjemur di sekitar perairan Nusa Penida. Jangan sampai terlewatkan momen langka ini karena berbagai penyelam dari seluruh penjuru sering menggunakan momen ini untuk mengejar foto bersama ikan raksasa ini. Segera atur perjalanan ke Denpasar, dan pilih hotel-hotel terbaik di Bali, terutama di wilayah Padang Bai, Candi Dasa serta Nusa Lembongan, yang tidak jauh dari Nusa Penida. Beberapa pilihan hotel di antaranya adalah Padang Bai Beach Resort, Ashyana Candidasa serta Lembongan Beach Club and Resort. Dive center yang terdapat di sekitar hotel tersebut akan mengantarkan Anda ke Nusa Penida atau titik penyelaman lain, untuk melihat Mola Mola.
Pengalaman Tak Terlupakan
Jangan khawatir apabila Anda tidak berhasil melihat Mola Mola dan selfie bersama, karena perairan sekitar Nusa Penida juga diramaikan diversitas fauna laut yang menarik. Dimana terdapat ikan Mola Mola, Anda juga dapat menemukan ubur-ubur raksasa, cumi-cumi, dan ikan kecil yang kadang jadi mangsanya. Selain itu, siapa tau dapat melihat kawanan ikan pari Manta raksasa melayang dengan tenang dibawah laut.
Apabila Anda sudah jemu dengan liburan di Bali yang begitu saja, berburu Mola Mola bisa menjadi petualangan yang tak terlupakan!